Apa Saja Manfaat Sensory Play untuk Si Kecil?


Jika moms aktif menggunakan media sosial, pasti sudah tidak asing dengan sensory play yang sering digunakan oleh para artis untuk sang anak. Sensory play adalah aktivitas yang melibatkan indera bayi, termasuk indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan sentuhan. Sensory play juga merupakan aktivitas yang melibatkan gerakan dan keseimbangan bayi.


Maka dari itu, sensory play untuk bayi bukan hanya menyenangkan tetapi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk tumbuh-kembang bayi. Sebuah sturi menemukan bahwa stimulasi sensorik yang diberikan sejak kecil, terutama jika dilakukan di luar ruangan, akan memberikan otak bayi dorongan yang signifikan.


Untuk itu, ketahui lebih banyak soal manfaat dari sensory play yuk, Moms!



Sensory Play Mendukung Perkembangan Motorik Halus


Dalam sebuah penelitian, keterampilan halus si kecil pasti melibatkan penggunaan otot di tangan dan jari. Di usia yang muda, bayi akan belajar keterampilan motorik dasar seperti bertepuk tangan dan keterampilan motorik kasar seperti berjalan.


Melakukan sensory play untuk bayi dapat membantunya belajar dan mempertajam keterampilan motorik halus yang lebih kecil dan koordinasi mata-tangan



Sensory Play dapat Membantu Mengembangkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi


Dikutip dari seorang pakar parenting, karakter si kecil dapat didorong dengan meniru perilaku orang dewasa. Ini adalah tahapan yang penting guna mendukung perkembangan kemampuan berbahasa serta berkomunikasi. Parents dapat memberikannya contoh dalam menggunakan sensory play.



Sensory Play dapat Membantu Menenangkannya


Disisi lain, sensory play dapat mengatur ketidaknyamanan internal seperti kebosanan, kegelisahan, atau berbagai jenis agitasi lainnya. Moms mungkin sudah menyadari sejak lama bahwa Si Kecil tampak lebih tenang setelah waktu mandi, menghempaskan tubuhnya ke atas kasur, menabrak furniture saat merangkak, dan lain sebagainya.


Nah, itulah beberapa manfaat dari sensory play. Apakah Moms tertarik memberikan sensory play kepada si kecil di rumah?



2 views0 comments